Belajar Tentang Linguistik


Pemateri       : Ahmad Mufarih., M.A.
Profesi           : Dosen di IAI Darussalam Blokagung
Pelaksanaan : 10 Desember 2019
Moderator    : Zulfi Zumala., M.A.

Isi Materi :

Moderatur mengajukan sebuah pertanyaan kepada audiens dan narasumber : "Apa yang anda ketahui tentang ilmu Linguistik ?". Dalam hal ini ibu Hawa menjawab : " Linguistic is the study about language. People who is expert about language is linguist (Linguistik adalah studi tentang bahasa. (dan) orang yang ahli tentang bahasa disebut pakar Linguistik). Sedangkan narasumber menjawab : "That's way in UGM (Universitas gajah Mada), karena ada kesalahan menyebut jurusan menjadi ilmu linguistik, yang seharusnya cukup dengan sebutan Linguistik saja karena Linguistik sudah mencakup ilmu didalamnya".

Menurut Mufarih, Filsafat dibagi menjadi tiga bagian 1). Epistimologi yaitu teori dalam Filsafat 2). Ontologi yaitu objek dari ilmu tersebut. Sedangkan 3). Aksiologi yaitu manfaat yang didapat dari ilmu tersebut.

Masih menurut beliau, Linguistik merupakan bagian dari filologi, dan filologi bagian dari Filsafat. Sedangkan arti bahasa itu sendir adalah mother language, sister language dan family. Dan arti dari Filologi adalah ilmu tentang teks klasik (red; kuno).

Linguistik deskriptif menjelaskan bahasa dalam satu periode. seperti halnya grammar atau ilmu nahwu. Menurut beliau juga bahasa itu terdiri dari beberpa unsur yaitu 1). Wacana (discourse) 2). Paragraf 3). Sentence. Perbedaan dari Phenomic dan Phonolagy adalah jika Phonemic membahas tentang bunyi tanpa makna tertentu sedangkan Phonology membahas tentang bunyi yang membedakan makna.

Kekerabatan bahasa dapat dilihat dari phonemnya, sedangkan family bahasa dapat dilihat dari geografisnya. Contoh Austronesia, Indo Eropa, Helio semitic (Afro Asia) dan Artaik. Sedangkan alat untuk mengukur tingkat kekerabatan bahasa dapat menggunakan hal berikut, diantaranya : 1). Morris Swadesh (alat mengukur apakagh ini bahasa atau dialek). 2). Phonem (bunyi) membedakan makna. 3). Morphem yaitu satuan terkecil bahasa yang memiliki makna. (ab)

Share:

Popular Posts

Blog Archive

Total Pengunjung